Empat dari Lima Gelar Juara Satu Spain Masters 2021 Milik Indonesia

Arfi.web.id - Jika berbicara mengenai prestasi bidang olahraga bulutangkis, Indonesia memang tidak ada habisnya. Bahkan Indonesia baru saja memborong gelar juara Spain Masters 2021. Iya, empat dari totoal lima gelar yang diperebutkan berhasil diraih atlet bulutangkis Indonesia.

Belum lama ini diselenggarakan kejuaraan Spain Masters 2021. Dari rangkaian BWF World Tour, kejuaraan bulutangkis Spain Masters sendiri termasuk dalam super 300. Bisa dibilang level ke-5 setelah BWF World Tour Finals, Super 1000, Super 750, dan Super 500.

Women’s Doubles Podium

Womens Doubles Spain Masters 2021
Juara 1 WD: Yulfira dan Febby (twitter @BadmintonTalk)

Pertandingan pertama dari babak final Spain Masters 2021 Super 300 adalah nomor ganda putri. Wakil Indonesia, Yulfira Barkah dan Febby Valencia Dwijayanti Gani (unseeded) melawan pasangan ganda putri Denmark, Amalie Magelund dan Freja Ravn (unggulan pertama).

Spain Masters 2021 Womens Doubles Final
Juara 2 WD: Amalie dan Freja (twitter @BadmintonTalk)

Hasilnya pasangan ganda putri Indonesia membuka rangkaian babak final dengan menjadi juara, mereka menang 21-16 dan 21-14 dari pasangan Amalie dan Freja.

Fakta menarik dari pasangan ganda putri Indonesia, Yulfira dan Febby.

  • Kejuaraan kedua yang mereka ikuti sebagai pasangan.
  • Gelar juara pertama sebagai pasangan.
  • Mengalahkan unggulan ketujuh.
  • Mengalahkan unggulan keenam.
  • Mengalahkan unggulan pertama di Final.

Men’s Singles Podium

Spain Masters 2021 mens Doubles Final
Juara 1 MS: Toma Popov (twitter @BadmintonTalk

Pertandingan final kedua adalah dari nomor tunggal putra. Wakil Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo (unseeded) melawan atlet tunggal putra Prancis, Toma Junior Popov (unggulan kedua). 

Spain Masters 2021 mens Doubles Final
Juara 2 MS: Chico Aura Dwi Wardoyo (twitter @BadmintonTalk

Chico harus puas menjadi runner-up setalah kalah dua set langsung, 15-21 dan 17-21 dari Toma Junior Popov.

Women’s Singles Podium

Spain Masters 2021 Womens singles Final
Juara 1 WS: Putri Kusuma Wardani (twitter @BadmintonTalk)

Putri Kusuma Wardani (Putri KW), atlet tunggal putri berusia 18 tahun yang digadang-gadang menjadi harapan kebangkitan nomor tunggal putri Indonesia. Pasalnya, saat ini nomor tunggal putri memang menjadi salah satu nomor yang sangat susah sekali mendapatkan gelar juara.

Terbukti selama rentang waktu 14 tahun berlangsungnya kejuaraan Grand Prix Gold, Superseries, dan BWF World Tour (semenjak 2007). Hanya ada 4 atlet tunggal putri yang memenangkan gelar Grand Prix Gold atau super 300 atau level lebih tingginya (super 500, 750, 1000).

Siapa saja keempat atlet itu? Pertama, Lindaweni Fanetri (Syed Modi 2012). Kedua, Adriyanti Firdasari (Indonesia Masters 2014). Ketiga, Fitriani (Thailand Masters 2019). Keempat atau yang terbaru, Putri Kusuma Wardani (Spain Masters 2021).

Sebelum mengulas pertandingan final nomor tunggal putri, berikut sedikit fakta dari Putri KW selama mengikuti Spain Masters 2021.

  • Masuk sebagai atlet cadangan.

  • Ranking 200 dunia.
  • Kejuaraan super 300 pertama yang diikutinya.
  • Mengalahkan unggulan kelima.
  • Mengalahkan unggulan keempat.
  • Mengalahkan unggulan ketiga di Final.
  • Gelar juara pertama sebagai atlet senior.
  • Atlet tunggal putri pertama yang memenangkan BWF World Tour dalam dua tahun terakhir.
  • Baru berusia 18 tahun.

Spain Masters 2021 Womens singles Final
Juara 2 WS: Line Cristophersen (twitter @BadmintonTalk)

Di babak final, Putri KW berjumpa dengan atlet tunggal putri asal Denmark, Line Cristophersen (unggulan ketiga). Meski ia harus melawan unggulan ketiga akhirnya atlet tunggal putri Indonesia yang keluar sebagai juara dengan kemenangan dua set langsung, 21-15 dan 21-10.

Men’s Double Podium (All Indonesian Final)

Spain Masters 2021 mens doubles Final
Juara 1 MD: Pramudya dan Yeremia (twitter @BadmintonTalk)

Gelar selanjutnya dari nomor ganda putra. Saat ini nomor ganda putra Indonesia memang sering mendominasi di kejuaraan-kejuaraan. Termasuk di Spain Master 2021 Super 300 ini.

Iya, terjadi All Indonesian Final yang mempertemukan pasangan Pramudya Kusumawardana dan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (unggulan kelima) melawan pasangan Sabar Karyaman Gutama dan Mohammad Reza Pahlevi Isfahani (unseeded).

Spain Masters 2021 mens doubles Final
Juara 2 MD: Sabar dan Reza (twitter @BadmintonTalk)

Pertandingan berjalan sangat seru, di set pertama pasangan Pramudya dan Yeremia unggul dengan poin 21-15. Di set kedua pasangan Sabar dan Reza memaksa pertandingan masuk set ketiga setelah mereka menang dengan poin 21-18. 

Set penentuan, Pramudya dan Yeremia memastikan merekalah yang keluar sebagai juara setelah menang 21-14. Ini merupakan gelar pertama Pramudya dan Yeremia sebagai pasangan ganda putra. Selamat untuk kedua pasangan yang sudah memberikan permainan terbaiknya di turnamen Spain Masters 2021 ini.

Mixed Doubles Podium

Spain Masters 2021 mixed doubles Final
Juara 1 MX: Rinov dan Pitha (twitter @BadmintonTalk)

Di nomor ganda campuran, wakil Indonesia, Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari (unggulan pertama) berhasil lolos ke babak final. Mereka melawan pasangan asal Denmark yakni Niclas Nohr dan Amalie Magelund (unggulan kedua).

Spain Masters 2021 mixed doubles Final
Juara 2 MX: Niclas dan Amalie (twitter @BadmintonTalk)

Haslinya pasangan Indonesia, Rinov dan Pitha yang keluar sebagai juaranya. Mereka menyudahi perlawanan dari pasangan Denmark dua set langsung, 21-18 dan 21-15.

Gelar juara Spain Master 2021 ini merupakan gelar BWF World Tour pertama bagi pasangan ganda campuran asal Indonesia, Rinov dan Pitha. Selamat atas gelar juaranya, semoga gelar-gelar lain bisa menyusul.

Related Posts

Posting Komentar