Inilah 7 Manfaat Squat Bagi Ibu Hamil

Arfi.web.id - Tau ngga sih mom’s, ternyata melakukan olahraga squat itu banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil. Tentunya squat disini ngga sampe loncat-loncat kaya main lompat karet ya mom’s, hehehe. Squat yang dimaksud disini ya dalam intensitas ringan seperti berjongkok, tapi ingat jangan berlebihan ya!

Memperkuat otot gluteus
(pexels.com)

Nah, selain manfaat utama untuk kesehatan jantung, squat bagi ibu hamil ini memiliki banyak manfaat lainnya seperti; mengencangkan dan memperkuat otot panggul. Terus manfaat lainnya apa? Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini ya mom’s.


1. Memperkuat Otot Gluteus

Manfaat squat bagi ibu hamil yang pertama ialah bisa memperkuat otot gluteus. Apa sih otot gluteus ini? Mungkin agak asing ya ditelinga, hehehe. Jadi, otot gluteus ini adalah otot yang berperan penting dalam pergerakan pinggul. Kalo ibu hamil kan biasanya yang sering nyeri dibagian pinggulnya karena berat menahan dedek bayi :)

Maka dari itu bisa mencoba olahraga squat ringan agar otot gluteus atau otot pinggul semakin kuat. Hal ini tentu bisa meminimalisir rasa sakit pinggul, apalagi kalo mom’s masih rutin beraktivitas pada saat kehamilan.

Selain memperkuat otot gluteus, squat bisa menjaga bentuk bokong juga mom’s.


2. Mengurangi Sakit Punggung

Mengurangi Sakit Pada Pinggang
(pexels.com)

Oke, manfaat melakukan squat bagi ibu hamil secara rutin adalah bisa membantu peregangan area punggung bagian bawah. Ya kurang lebih sebelas-dua belas ya sama pinggul, punggung juga salah satu bagian tubuh yang sering dieluhkan sakit saat hamil.

Nah, dengan rutin melakukan squat maka rasa sakit punggung ini bisa berkurang mom’s!


3. Mencegah Terjadinya Sembelit

Manfaat yang ketiga adalah membantu mengatasi terjadinya sembelit, biasanya saat trimester akhir rawan bagi seorang ibu hamil mengalami sembelit. Maka squat ini bisa menjadi solusi agar mom’s tidak mengalaminya.

Kenapa sih squat bisa mencegah sembelit? Karena squat bisa membantu memperlancar fungsi kerja dari sistem pencernaan. Selain itu bisa meredakan perut kembung juga mom’s.


4. Membantu Memperlancar Proses Persalinan

Manfaat squat bagi ibu hamil yang selanjutnya ialah membantu memperlancar dalam proses persalinan nantinya, sehingga bayi akan mudah keluarnya. Ya, karena olahraga squat ini memang bertumpu pada otot tubuh bagian bawah, salah satunya ya otot perut.

Jika melakukan squat dengan posisi yang tepat bisa memperlancar proses persalinan dedek bayi mom’s :) saat melakukan squat dengan posisi berjongkok akan membantu merelaksasi otot-otot perineum.

Maka dari itu, kalau mau latihan squat bagi ibu hamil ya jangan asal ya, tentu posisinya ngga bisa sembarangan, mom’s bisa cari orang yang ahli dalam bidang ini atau bisa juga liat di youtube, tapi channel nya harus yang kredibel ya mom’s.

Baca Juga: Tips Bersepeda Aman Dimasa Pandemi Covid-19


5. Memperkuat Otot Kaki

Memperkuat Otot Kaki
(pexels.com)

Dengan melakukan olahraga squat saat kehamilan memasuki masa trimester ketiga bisa membantu memperkuat otot-otot kaki. Dengan begitu mom’s tidak mudah lelah juga jika ingin mengajak dedek bayi jalan-jalan :)

Selain itu, kaki yang kuat ini akan membantu proses persalinan karena memberikan dorongan lebih kuat saat proses melahirkan.


6. Memperkuat Otot-Otot Dasar Panggul

Manfaat squat bagi ibu hamil keenam ialah bisa memberikan tekanan pada otot dasar panggul, dengan begitu otot panggul akan semakin kuat mom’s. Jadi, saat proses persalinan nanti akan lebih siap.


7. Mempertahankan Pusat Gravitasi Tubuh

Melakukan latihan squat selama kehamilan ini bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh mom’s. Karena saat hamil berat badan otomatis semakin naik dong karena ada dedek bayi. Nah, sering banget kejadian ibu hamil ini jatuh karena kurang bisa menjaga keseimbangannya.


Oke, itu saja dulu mom’s pembahasan mengenai manfaat squat bagi ibu hamil. Ingat ya mom’s, berkaitan dengan kondisi hamil ini jangan sembarangan, baik kondisi fisik ataupun kesehatan mental harus baik. Ya meskipun mom’s sudah mengetahui banyaknya manfaat dari squat tetap harus konsultasi ke ahlinya dulu.

Silahkan mom’s bicarakan dengan dokter kira-kira boleh atau tidak, karena setiap orang tentu memiliki daya tahan tubuh yang berbeda. Mungkin ada ibu hamil yang kuat melakukan aktivitas seperti biasanya, tapi ada juga yang harus megurangi porsi kegiatan bahkan harus istirahat total.


Referensi:

https://www.guesehat.com

Related Posts

Posting Komentar