Tips Bersepeda Aman dimasa Pandemi Covid-19

Arfi.web.id - Dimasa pandemi covid-19 ini tentu kegiatan olahraga yang sifatnya publik diberhentikan sementara, hasilnya yang bisa dilakukan ya olahraga dari rumah, tapi lama-lama bosan juga jika semua kegiatan dilakukan dirumah.

Nah, solusinya apa? kamu bisa mencari olahraga diruang publik yang dapat dilakukan sendirian tanpa bergerombol. Salah satunya apa? Bisa dengan bersepeda! 

Tips Bersepeda Aman dimasa Covid-19
pexels.com

Memang olahraga ini menjadi opsi yang cukup banyak diminati, tapi banyak juga dari mereka yang mengabaikan protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona.

Nah, jika kamu ingin bersepeda maka ikuti tips berikut ini agar terhindar dari potensi penyebaran virus covid-19.

Untuk itu ada beberapa hal yg perlu diperhatilan saat bersepeda yaitu:

Solo Riding / Small Group

Jadi kamu sepedaan ada baiknya sendiri saja ya, kalau mau berkelompok ya jumlahnya sedikit aja 2-3 orang-an lah. Terus posisi jalurnya menggunakan posisi gowes zig zag ya saat bersepeda small group ini, jadi jangan berbaris lurus kebelakang ya. 

Tips Bersepeda Aman dimasa Covid-19
pexels.com

Kenapa si harus posisi gini? Karena penyebaran virus ini kan melalui droplet, jika berbaris kemudian yang didepan ternyata terinfeksi maka droplet tersebut bisa terbawa angin ke belakangnya. 

Oleh karenanya bersepeda juga harus jaga jarak ya! Karena virus covid-19 ini kan bisa bertahan diudara dalam jarak beberapa meter (sekitar 2 meter).

Terus kalau cara diatas (zig zag) tidak memungkinkan karena harus berbagi jalan dengan yang lainnya, berbaris lurus tidak apa asal berjarak minimal 2 meter (jika kecepatan dibawah 20km/jam) dan berjarak minimal 10 meter (jika kecepatan diatas 20km/jam).

Masker dan Kacamata

Tetap patuhi aturan memakai masker ya, gunakan masker kain dan kalau bisa bawa cadangan untuk berganti masker. Ya meskipun saat olahraga mapas akan ngos-ngosan, tapi protokol yang ada tetap mewajibkan memakai masker, jadi patuhi ya! 

Jangan lupa pakai kacamata juga, karena jalur masuk virus covid-19 kedalam tubuh bisa melalui mata, hidung dan mulut. Tetap safety ya!

Arm (lengan), Sarung Tangan

Gunakan sarung tangan dan pakaian lengan panjang. Apabila akan melepas sarung tangan, bagian luar tetap ada diluar jangan dibalik.

Tips Bersepeda Aman dimasa Covid-19
pexels.com

Jalur untuk Bersepeda

Pilih rute yang sepi contohnya pegunungan atau sawah. Hindari bersepeda dikeramaian. Selain resiko penularan lebih tinggi, resiko kecelakaan saat bersepeda juga tinggi. 

Kalo yang rumahnya di desa kaya saya sih ngga pusing milih rute, belok kiri langsung menyusuri pesawahan, selain sepi suasananya juga sangat asri.

Buat yang di kota bisa mengakali lah ya, cari rute yang tidak terlalu ramai, jangan malah mendatangi pusat keramaian misalnya taman kota gitu. Selain rute waktu juga penting, ulasannya dibawah ini.

Time (Waktu yang Tepat)

Pilih waktu yang tepat, kalo waktu yang salah lagunya fiersa, hehehe. Saat terbaik untuk bersepeda adalah pagi hari, selain jalanan masih sepi, oksigen juga masih banyak (apalagi kalo di perkotaan ya, harus rebuatan sam polusi kendaraan). 

Tips Bersepeda Aman dimasa Covid-19
pexels.com

Selain itu, bisa juga memilih waktu dimalam hari, ya meskipun agak giamana kalau olahraga malem soalnya males mandi lagi, hehehe.

Ok, itulah beberapa tips untuk bersepeda dimasa pandemi covid-19 sekarang ini, bukan bermaksud menggurui, tapi #sadarlebihbaik.

Menggunakan masker saat bersepeda pun masih ada plus minusnya. Tentu karena memakai masker kecepatan saat bersepeda harus dikurangi tidak perlu cepat-cepat ya! “Slow but sure.

Masukan lain dari dokter Aristi, bersepeda atau lari pun tidak perlu yang high impact atau long run. Karena malah bisa bikin imun kita turun karena kecapean, berolahraga secukupnya saja asal teratur dan diimbangi pola hidup yang sehat. Stay safe stay health!


Referensi: 
  • Webinar Dokter Aristi Prajwalinta 
  • @callmeavv

Related Posts

Posting Komentar